Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian ajak Diskusi bersama Wartawan untuk pengembangan Humas dalam memberikan pelayanan Informasi

Tribratanewsmakota – Dalam rangka peningkatan kepercayaan publik atas kinerja pihak kepolisian ditingkat Polres. Polres Malang Kota mendapat kunjungan tim STIK Lemdiklat Polri, Kamis siang (11/07/19).

Dalam kegiatan ini pihak Polres Malang Kota mengundang rekan rekan media mulai dari media cetak, elektronik, radio  televisi maupun online sebagai koresponden dalam pertemuan tersebut.

Adapun media yang ikut dalam kegiatan penelitian tersebut diantaranya JTV, Memox.co.id dan Memo X, Malang Post, Malang Voisce, Radar Malang, Memorandum dan beberapa media lainnya.

Tim STIK Lemdiklat Polri yang diketuai Kombes Pol Hari Santoso didampingi  AKBP Drs. H. Samsuri. M.M serta Dosen PTIK Dr. Al Wahyu Rudhanto. M.S.i. dan Dr. Ilham Prisgunanto. S.S., M.S.i selaku pembina tim sangat familiar.

Pertemuan rekan wartawan dengan tim STIK Lemdiklat Polri mengupas perihal kemitraan humas Polres Malang Kota dengan rekan media liputan wilayah Malang Kota.

Kegiatan ini menindaklanjuti apa yang perlu dikatakan Kapolri Jenderal Pol Prof H M.Tito Karnavian Ph.D yang berhubungan dengan humas kepolisian yang harus senantiasa bisa bekerja sama dengan media, baik formal maupun informal. Kerja sama juga harus dijalin dengan media konvensional maupun mainstream.  

Pria asal Palembang ini juga menegaskan,” Humas harus didukung oleh sistem informasi yang bagus, sistem yant bisa connect satu sana lain memiliki big data sehingga kasus-kasus atau hal-hal yang positif bisa dimasukkan dalam kegiatan dan bisa diseleksi mana yang bisa dipublish,” kata Tito.

Tito juga menuturkan, rekrutmen Humas Polri harus memiliki kualitas, jaringan yang luas, dan kompetensi yang bagus.

Namun dalam kenyataan apa yang dikatakan Kapolri jauh dari kenyataan yang ada yang mana dalam penerapan dilapangan pungsi humas terutama ditingkat Polsek sangat memprihatinkan.

Dangan dana tunjangan 400 ribu perbulan tidak akan mampu bekerja secara maksimal belum lagi harus bertugas diluar fungsi humas.

Sebelum digelar kegiatan ini rekan wartawan terlebih dahulu mengisi quisioner yang telah disediakan panitia kegiatan bertempat diruang exsecutive Polres Malang Kota.

Selaku ketua tim peneliti dalam sambutan Kombes Hari Santoso, S.I.K dampingi Wakapolres Malang Kota Kompol Ari Trestiawan SIK pada intinya meminta agar para wartawan menjawab semua pertanyaan yang diberikan sesuai fakta dan tidak dibuat-buat.

“Kami meminta usulan dari rekan-rekan media agar disampaikan dengan sebenar-benarnya demi kemajuan Polri,” ujarnya.(fik)



Author: Sugeng Riyadi