KPU Kota Malang Lantik PPK dan PPS Kota Malang

Tribratanewsmakota – Polres Malang Kota, Anggota Polres Malang Kota melaksanakan pemantauan dan pengamanan kegiatan pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kantor KPU Kota Malang Jl. Bantaran Malang.

Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Malang dilantik oleh Ketua KPU Kota Malang, Zaenudin. Pelantikan dilangsungkan di Kantor KPU Kota Malang pada Rabu (2/1). Acara ini dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Muhammad Arbayanto, KPU Kota Malang berserta sekretariat dan jajaran, Forkopimda dan Panwaslu Kota Malang, kepala Kecamatan dan kelurahan seluruh Kota Malang.

Pelantikan PPK ini dilaksanakan serentak seluruh Indonesia sesuai dengan putusan MK, yang sebelumnya disetiap PPK 3 orang, dilakukan pelantikan tambahan PPK. Jumlah anggota PPK yang dilantik sebanyak 11 orang dari 5 Kecamatan, dengan masing-masing Kecamatan 2 orang ditambah 1 orang PAW di Kecamatan Klojen. Sedangkan anggota PPS yang dilantik berjumlah 8 orang dari 7 Kelurahan, diantaranya Kelurahan Bareng, Gading Kasri, Rampal Celaket, Lowokwaru, Dinoyo masing-masing satu orang, kelurahan Polowijen sebanyak 2 orang, dan kelurahan Kauman 1 orang, satu lainnya absen.

Pada kesempatan kali ini, KPU Kota Malang dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota PPK dan PPS Tambahan untuk Pemilihan Umum 2019. Dirinya berharap seiring dengan resmi dilantiknya anggota PPK dan PPS ini, bisa menunjukkan kinerja dengan baik sesuai dengan tugas-tugas fungsinya.

“Semua PPK dan PPS harus mengetahui tugas pokok dan fungsi semua divisi, kita harus bekerjasama untuk mensukseskan Pemilu 2019” terangnya.

Pada kesempatan berikutnya, Muhammad Arbianto berpesan kepada PPK dan PPS terlantik untuk saling bekerjasama mensukseskan pemilu 2019.
“Pekerjaan ini tidak ringan, pada tahun ini kita menyelenggarakan pemilihan legislatif dan pilihan presiden,terdapat lima surat suara. Pemilu ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Indonesia. Tantangan PPS yaitu pada saat pungut hitung, tidak cukup bekerja sebagaimana atasan dan bawahan, ini semua murni pengabdian, kita bersama-sama menyelenggarakan pemilu 2019 dengan maksimal” tegasnya.

Selanjutnya, sebagai penutup Ashari Husen, Komisioner KPU Kota Malang berpesan kepada PPS untuk menyeleksi KPPS secara objektif, utamakan anak muda. “Tunjukkan bahwa saudara-saudara merupakan penyelenggara pemilu yang berkualitas dan berintegritas”. terangnya.

Author: Sugeng Riyadi