Latihan Dalmas, Polres Malang Kota melakukan latihan untuk penanganan unjuk rasa

Tribratanewsmakota – Guna mempersiapkan anggotanya menghadapi laga Arema-Persebaya, Kepolisian Resort Malang Kota menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) di halaman depan mako Jalan JA Suprapto, Sabtu pagi, 6/10/2018.

Ratusan personel polisi dan polwan membentuk berbagai formasi untuk menghalau massa.

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan anggota Polres Malang Kota dalam pengamanan pertandingan. Dengan latihan itu, anggota semakin tangkas dan tanggap ketika menghadapi berbagai situasi di lapangan,” kata Wakapolres Makota Kompol Bambang Christanto Utomo.

Marhaeni menjelaskan, berbagai jenis formasi diperagakkan petugas, misalnya, para polwan membentuk barisan dan saling mengunci lengan lalu berbaris maju ke depan. Sedangkan, anggota polisi lainnya berbaris dengan formasi yang sama di sisi belakang. Selain itu ada pula latihan formasi dengan menggunakan tameng dan helm pengaman.

“Polri bertugas mengamankan sekaligus mengantisipasi semua kemungkinan di lapangan. Semangat perdamaian tetap dinomorsatukan. Hanya saja, kami pun tetap menjaga diri dengan latihan dan peningkatan kapasitas anggota dalam pengendalian massa”, katanya.

Dalam latihan itu sebanyak 500 personel kepolisian diterjunkan dengan latihan berbagai formasi seperti Dalmas awal, Dalmas lanjutan, serta lintas ganti,” pungkas Marhaeni.
(Im) sketsanews.com

Author: Sugeng Riyadi