Polres Malang Kota, mengamnkan kegiatan Kirap Ritual dan Budaya Klenteng Eng An Kiong

Tribratanewsmakota – Minggu pagi hingga sore hari (21/10) Anggota Polres Malang Kota dan Polsek Jajaran melaksanakan pengamanan kirap Ritual dan Budaya yayasan Klenteng Eng An Kiong.

Memasuki usia ke-193, Yayasan Klenteng Eng An Kiong menyelenggarakan kirab ritual dan budaya, Kirab ini diikuti 28 kontingen dari sejumlah kota di Jatim, dan dari luar Pulau Jawa, Para kontingen merupakan yayasan tempat ibadah Tri Darma.

Kirab kebudayaan ini menyedot animo masyarakat Kota Malang, masyarakat tumpah ruah di jalanan sepanjang Jalan Laksamana Martadinata, Perempatan Klojen, sampai kawasan Tugu Balai Kota Malang.

Pawai dimulai dari Klenteng Eng An Kion di Jalan Martadinata, Kemudian kirab bergerak ke Jalan Gatot Subroto, melintasi depan Stasiun Baru kota Malang dan perempatan Klojen, lalu ke Alun-alun Tugu Kota Malang.

Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji mengatakan perhelatan kebudayaan dalam rangka peringatan HUT Yayasan Klenteng Eng An Kiong itu patut diapresiasi, Pasalnya, yayasan telah memberi warna bagi sejarah Kota Malang, Penampilan kebudayaan yang dipertontonkan juga berpeluang menjadi tujuan wisata.

“Ini tradisi ritual. Saya kira bisa menjadi potensi wisata, Sutiaji berharap acara seperti itu bisa diagendakan setiap tahun, Sutaiji menilai keberadaan Klenteng Eng An Kiong dan kebudayaan yang dipertahankan adalah aset Kota Malang, Sudah seyoigayanya masyarakat Kota Malang tahu dan mengenal Klenteng Eng An Kiong tersebut.

“Peserta kirab berasal dari seluruh Jawa dan luar jawa, seperti Lombok, dan Bali,” Pengamanan jalur dan kegiatan pawai kirap ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Malang kota yang mengendalikan kurang lebih 400 personil baik itu yang bagian pengamanan kegiatan dan pengamanan jalur arus lalulintas yang dilewati.

 

Author: Sugeng Riyadi