Polresta Malang Kota berhasil Tangkap Residivis Curi Motor berkat CCTV

Tribratanews – Polresta Malang Kota, Toha, seorang pelaku curanmor yang ditangkap oleh Polresta Malang Kota merupakan seorang residivis. Sebelumnya, ia pernah menjalani hukuman penjara atas kasus 365, yakni pencurian dengan kekerasan.

“Terakhir, di daerah Jawa Barat. Keluar (penjara) sekitar tahun 2017,” ungkap Toha dalam rilis resmi yang digelar Polresta Malang Kota, Senin (30/12).

Tak kapok melakukan aksinya, Toha, 37 warga Pasuruan itu mendatangi Kota Malang. Ia menyasar tempat motor yang ada di pinggir jalan, khususnya di wilayah Lowokwaru.

“Kami berhasil menangkap tersangka T lantaran ada dua laporan polisi yang dilakukan oleh korban. Serta, ada bukti rekaman kamera pengintai,” terang Waka Polresta Malang Kota, Kompol Ari Trestiawan.

Sejak saat itu, anggota kring serse langsung melakukan pengintaian. Benar saja, Rabu (26/12) lalu, Toha melakukan aksinya, yakni mencuri sepeda motor di kawasan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. “Modusnya, ia merusak sepeda motor dengan kunci T. Ketika ditangkap, pelaku melawan petugas sehingga dilakukan aksi tegas terukur,” lanjut dia.

Berdasarkan pengakuan tersangka, aksi pencurian kendaraan bermotor itu kemudian dijual ke salah satu penadah. Satu motor dijual hingga Rp 4 juta. “Uangnya dibuat bayar hutang dan judi bola,” lanjut Ari.

Selain mengamankan pelaku, pihak kepolisian juga mengamankan beberapa senjata tajam. Diduga, senjata tajam ini akan digunakan oleh tersangka untuk melukai korbannya. Selain itu, pihak kepolisian juga menyita sepeda motor dan kunci T yang digunakan oleh tersangka.

“Ia kami kenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” lanjut dia.

Sementara itu, polisi juga masih memburu JA, rekan Toha yang berperan sebagai pengemudi yang mengantar Toha. “Kami masih memburu pelaku dan membentuk tim khusus. Mudah-mudahan segera tertangkap,” tandas dia. (tea/Malangpostonline.com)

Author: Sugeng Riyadi